Minggu, 30 Oktober 2016

Makanan Khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap Jawa Tengah

CILACAP merupakan kabupaten yang kaya dengan hasil laut serta hasil pertanian tentu punya kekhasan dalam kuliner terutama untuk cemilan atau oleh-olehnya. Oleh karena itu bisa kalian jumpai di toko kami “Toko Tamorita (Oleh-Oleh khas Cilacap)” di jln.Cendrawasih no.27,Kesugihan,Cilacap.
Kami menediakan berbagai oleh-oleh khas cilacap,seperti :


 1. Ikan Asin

Di Cilacap produksi hasil laut sangat berlimpah. Segala hasil laut seperti ikan banyak dijumpai di cilacap dan sebagian di asinkan. Mulai dari ukuran yang kecil seperti ikan teri. Bisa di jumpai di pantai-pantai Cilacap. Kami menjual berbagai jenis ikan asin dari ikan bilis, ikan cucut dan masih banyak lagi.
Harga : Rp.7500,00/kg – Rp.10.000,00/kg








2.    Jambal Roti


Jambal roti yaitu ikan asin yang terbuat dari ikan jambal. Disebut jambal roti karena dagingnya yang besar dan gurih dan ada juga yang sudah dipotong-potong kecil-kecil seperti roti.
Harga : RP.55.000,00/500gr









3. Sambal Tuna

Sambal tuna dikemas dalam kaleng seperti sarden. Menggunakan bahan dasar dari  ikan tuna. Rasanya gurih serta pedas. Cocok untuk lauk dan campuran nasi goreng.
Harga : Rp.26.000,00/kaleng









4. Nopia

Nopia merupakan jajajanan khas Cilacap. Bentuknya bulat warnanya putih serta berisi campuran gula merah. Rasanya enak. Cara membuatnyapun unik yaitu ditempelkan pada dinding kuali panas.
Tamorita memproduksi Nopia berbagai macam isi dan aneka macam rasa.
Nopia dikemasdalam plastik kedap udara, sehingga isi terjamin higienis.
Harga : Rp.15.000,00 perbungkus 500gram






5. Selai Pisang

Selai Pisang juga merupakan jajanan khas Cilacap. Dibuat dari berbagai jenis pisang yang dikeringkan. Rasanya enak, gurih dan manis. Cocok untuk makanan ringan dan oleh-oleh buat keluarga.Ada yang digoreng dan ditaburi keju atau coklat.
Harga : RP.11.000,00/250 Gram








6. Kripik Tempe

Kripik Tempe merupakan jajanan khas Cilacap. Kripik tempe terbuat dari tempe mendoan yang digoreng sampai kering. Berbentuk tipis persegi dan warna kecoklatan. Rasanya asin, gurih dan renyah. Cocok untuk disantap sendiri atau sebagai pelengkap makan nasi, soto, mi dan lain-lain.

Harga : Rp.15.000,00













7. Kripik Bayam

Kripik bayam adalah jajanan khas Cilacap. Terbuat dari bayam yang digoreng dengan menggunakan tepung. Rasanya gurih renyah dan tentu saja sehat karena berbahan dasar daun bayam. Bentuk yang tipis dengan warna coklat kehijauan tentu sangat disukai oleh anak-anak. Cocok dimakan langsung atau sebagai campuaran lauk makan nasi.
Harga : Rp.6.000,00/ons


     8. Stik Sukun dan Kripik Sukun

Stik Sukun dan kripik sukun merupakan makanan khas Cilacap juga. Buah sukun yang pada dasarnya enak dan gurih. Di Cilacap sukun banyak diolah menjadi stik dan kripik. Kripik sukun berbentuk tipis sedangkan stik sukun berbentuk panjang persegi. Diolah dengan digoreng. Rasanya sangat gurih serta renyah.
Harga Stik Sukun     : Rp.15.000,00
           Kripik Sukun : Rp.12.000,00




9. Manggleng

Manggleng merupakan cemilan berbahan dasar dari singkong diolah menjadi snack gurih, renyah, sedap!
Manggleng merupakan makanan tradisional Indonesia berasal dari tanah Jawa tepatnya cilacap. Bahan dasar manggleng hanya ubi kayu diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa yang renyah dan gurih.
Harga : RP.16.000,00/bungkus



10. Grubi

Camilan yang gurih ini bernama Grubi atau dalam bahasa Jawa Walangan. Makanan khas Cilacap ini terbuat dari ketela rambat dicampur dengan Gula Jawa.
Harga : Rp.5.500,00/bungkus









11. Lanting

Lanting adalah makanan yang terbuat dari singkong, salah satu makanan kering atau makanan ringan khas Cilacap.
Lanting rasa gurih dan lezat cocok untuk makanan cemilan dan oleh-oleh untuk tamu dan keluarga.
Tersedia dalam berbagai rasa.
Harga : Rp.8.000,00/bungkus







12. Krupuk Tengiri

Krupuk Tengiri terbuat dari bahan dasar ikan Tengiri. Berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan, rasanya sangat gurih, dan terasa ikan tengirinya. Krupuk Tengiri, bisa buat cemilan ketika nonton tv ataupun sebagai teman makan nasi ataupun soto.
Harga : Rp.7000,00/bungkus





13. Templeng

Thempleng juga biasa di sebut rempeyek, tapi sebagian ada yang menyebutnya Thempleng. Rempeyek terbuat dari tepung beras, menggunakan bumbu-bumbu yang enak serta gurih. Rempeyek ada berbagai macam variasi, misalnya rempeyek kacang, kedele, teri, rebon maupun kacang ijo. Biasanya kita jumpai di warung-warung atau hajatan di kampung-kampung.

Harga : Rp.6000,00/bungkus


14. Rempeyek Yutuk

Salah satu makanan khas Cilacap terkenal yaitu peyek yutuk. Yutuk merupakan hewan laut yang hampir mirip dengan kepiting atau udang. Yutuk rasanya sangat enak, dan gurih apabila menjadi rempeyek. Warnanya oranye kemerah-merahan. Yutuk banyak kita jumpai di daerah sekitar pantai seperti Widarapayung dan sekitarnya.
Harga : RP.5000,00




Kelompok 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar